OpenERP 7.0 Module : ar_pajak

Pajak merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari operasional perusahaan. Selalu menjadi nilai tambah dalam sebuah sistem jika bisa menyediakan fitur yang memudahkan perusahaan dalam mengatur semua dokumen perpajakannya.

Modul generik OpenERP hanya menyediakan fungsionalitas standar terkait dengan perpajakan. Modul lokalisasi untuk perpajakan Indonesia harus dibuat agar menjadi nilai tambah.

Penulis tertarik untuk mengembakan modul perpajakan untuk Indonesia. Namun Penulis tidak akan memulainya dengan mengintegrasikannya dengan modul accounting. Penulis justru tertarik menjadikan modul ini independen dari modul accounting sehingga dapat digunakan oleh perusahaan yang hanya membutuhkan modul untuk pelaporan pajak saja. Integrasi dengan modul accounting dapat dibuat pada modul lain.

Hasil akhir yang penulis harapkan adalah perusahaan dapat (1) memanage dokumen pajaknya, (2) mencetak form pajak dengan mudah, dan (3) membuat integrasi dengan e-SPT.

Modul tersebut Penulis letekan pada github dengan harapan banyak yang bisa berkontribusi pada modul ini. Silahkan cek githubnya disini.

Dokumen pajak yang Penulis rencanakan akan dibuat fiturnya adalah :

  1. Faktur Pajak
  2. Nota Retur
  3. Nota Pembatalan
  4. Surat Setor Pajak
  5. SPT Masa PPN (Formulir 1111 dan lampirannya)

2 thoughts on “OpenERP 7.0 Module : ar_pajak

  1. Hallo mas andhit,
    Saya nyoba untuk nerapin modul ini di Odoo (OpenErp v8) tapi gak bisa. Apa memang cuma support di v7 saja ya? Mohon bantuannya.
    Terima Kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s