OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Pengantar Implementasi Cost Accounting/Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya atau Cost Accounting adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa.

OpenERP mendukung implementasi akuntansi biaya melalu fitur Analytic Accounting nya. Tulisan ini merupakan pengantar dari beberapa seri artikel mengenai implementasi akuntansi biaya di OpenERP.

A. KONFIGURASI

A.1 Modul Yang Harus Diistall

Implementasi Cost Accounting atau Akuntansi Biaya pada OpenERP membutuhkan secara default sudah terinstall ketika modul account terinstall. Untuk menambahkan fungsionalitas dari Analytic Accounting OpenERP, terdapat beberapa modul tambahan yang bisa diinstal, seperti :

  1. account_analytic_analysis
  2. account_analytic_default
  3. account_analytic_plans
  4. purchase_analytic_plans
  5. sale_analytic_plans

A.2 Memunculkan Tampilan Analytic Account

Secara default Analytic Accounting tidak dimunculkan tampilannya. Untuk menampilkannya, ada opsi yang harus dinyalakan pada user yang ingin melihat analytic accounting.

Opsi tesebut bisa dilihat di data user (Setting -> Users -> Users). Kemudian nyalakan opsi Analytic Accounting pada tab Access Right

Konfigurasi User

Konfigurasi User

Jika opsi tersebut sudah dinyalakan, maka akan muncul menu tambahan untuk menu Analytic Accounting

Konfigurasi Analytic Accounting

Konfigurasi Analytic Accounting

Analytic Accounting Entries

Analytic Accounting Entries

A.3 Konfigurasi Objek Biaya

Objek biaya adalah suatu aktivitas atau item yang biaya nya diakumulasi dan diukur

Langkah pertama dalam implementasi Cost Accounting adalah membuat Analytical Account untuk setiap object biaya. Objek biaya yang dibuatkan analytical account nya tergantung dari kebutuhan perusahaan.

Analytical Account dapat dibuat pada Accounting -> Configuration -> Analytic Account -> Analytic Account

Tree Analytic Account

Tree Analytic Account

Form Analytic Account

Form Analytic Account

A.4 Konfigurasi Analytical Journal

Selanjutnya yang perlu didefinisikan adalah Analytical Journal. Analytical Journal dibuat untuk mengelompokan analytical entries berdasarkan tipe transaksinya.

Minimal dalam satu database perlu mempunyai dua buah anlytical journal, yaitu : (1) sale journal, dan (2) purchase journal

Analytical journal dibuat melalui menu Accounting -> Configuration -> Analytic Accounting -> Analytical Journal

Tree Analytic Journal

Tree Analytic Journal

Form Analytic Journal

Form Analytic Journal

Selanjutnya pada tiap accounting journal yang ingin diotomatisasi sehingga membuat analytic entry harus dipasangkan dengan analytic journal tertentu

Memasangkan Account Journal Dengan Analytic Journal

Memasangkan Account Journal Dengan Analytic Journal

B. TRANSAKSI

Perubahan mendasar ketika menginstall modul untuk cost accounting adalah penambahan field analytical account pada journal items. Jadi selain memilih account, user juga diberikan opsi untuk menentukan anakytical account dari sebuah journal item.

Analytic Account Pada Journal Item

Analytic Account Pada Journal Item

Apabila user menentukan analytical account pada sebuah journal item, maka OpeERP akan otomatis membuat analytical entries.

Analytic Journal Item

Analytic Journal Item

Perbedaan anakytic entries dengan journal entries biasa adalah pada anaytic entries itemsnya hanya satu, tidak ada debit credit.

Fungsi analytic accounting OpenERP terintegrasi dengan modul-modul lainnya (contoh : sale, purchase). Penggunaannya akan penulis.coba bahas di artikel lain.

C. REPORTING

Secara default OpenERP menyediakan beberapa laporan yang berkaitan dengan cost accounting, antara lain :

  1. Cost Ledger
  2. Cost Ledger (Quantity only)
  3. Inverted analytical balance
  4. Analytical balance

6 thoughts on “OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Pengantar Implementasi Cost Accounting/Akuntansi Biaya

  1. Mas Andhit, pada saat create analytic journal item. pada saat memilih product, secara otomatis pada General account akan terisi account “Stock Input Account” pada master product.
    Nah, bagaimana cara mengganti agar secara default terisi account “Stock Output Account ” pada master product? Mohon bimbingannya. Terima kasih

    • Ibu Arfi,

      Mohon maaf atas keterlambatan replynya. Karena Ibu tidak menspesifikan transaksi apa yg ibu pakai maka saya mengasumsikan bahwa Ibu menggunakan transaksi (1) Incoming Shipment, atau (2) Delivery Order, atau (3) internal movement. Untuk ketiga transaksi tersebut akun yang dipilih sudah dihardcode oleh odoo, jadi tidak bisa diubah.

  2. Terima kasih atas jawabannya. Transaksi yang saya maksud adalah saat membuat manual entries pada menu Accounting ‣ Journal Entries ‣ Analytic Journal Items ‣ Create. (saya menggunakan openERP v7). Sebenarnya dalam General Account kita bisa memilih jenisnya dengan melakukan dropdown. akan tetapi, itu tidak praktis. nah, bagaiman agar secara defautl general account itu memilih account “Stock Output Account ” yang telah didefinisikan di product. kalau merubah file phytonnya, kira2 pada addons apa yang harus saya rubah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s