OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Refund Invoice

A. STUDI KASUS

Perusahaan A menjual jasa perbaikan kepada konsumennya Abadi Harapan dengan detail :

Nilai Invoice : Rp. 7.000.000
Akun Piutang : Piutang Usaha – Tahun Berjalan
Akun Kontra Piutang : Penjualan – Other

Karena keterlambatan perbaikan Perusahaan A memberikan refund kepada Abadi Harapan dengan detail :

Nilai refund : Rp. 500.000
Akun Refund : Piutang Usaha – Tahun Berjalan
Akun Kontra Refund : Penjualan – Other

Berikut cara menyelesaikan kasus di atas menggunakan OpenERP

B. MEMBUAT CUSTOMER REFUND

B.1 Melalui Tombol Refund Pada Customer Invoice

#1 Buka data Customer Invoice yang akan direfund

Customer Invoice

#2 Klik tombol Refund

#3 Isilah wizard Refund

Wizard Refund Invoice

  1. Description. Deskripsi dari customer refund
  2. Operation Date. Tanggal Customer Refund
  3. Refund Method. Pilihlah Create Draft Refund
  4. Refund Journal. Jurnal yang akan digunakan untuk mencatat refund

#4 Edit Customer Refund dengan informas yang sesuai

Dalam kasus yang kita bahas ubah Unit Price pada detail invoice menjadi Rp. 500.000

Customer Refund

#5 Validasi Customer Refund

C. REKONSILIASI CUSTOMER INVOICE DENGAN CUSTOMER REFUND

C.1 Melalui Journal Items

#1 Bukalah Journal Items (Accoutning -> Journal Entries -> Journal Items)

#2 Pilihlah journal items yang dihasilkan dari customer invoice dan customer refund

Journal item yang dipilih adalah journal items dengan account yang sesuai dengan Akun Piutang dan Akun Refund (lihat bagian A)

Pilih Journal Item

#3 Klik tombol action “Reconcile Entries

Reconcile Entries

#4 Klik tombol “Partial Reconcile”

Wizard Reconcile Entries

C. HASIL AKHIR

Hasil akhir yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Total. Jumlah total invoice. Dalam kasus yang sedang dibahas = Rp. 7.000.000
  2. Balance. Sisa invoice yg belum dibayar. Dalam kasus yang sedang dibahas = Rp. 6.500.000 = Rp. 7.000.000 – Rp. 500.000

Hasil Akhir Customer Invoice

Hasil akhir yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Total. Jumlah total refund. Dalam kasus yang sedang dibahas = Rp. 500.000
  2. Balance. Sisa invoice yg belum dibayar oleh refund tersebut. Dalam kasus yang sedang dibahas = – Rp. 6.500.000 = – Rp. 7.000.000 – Rp. 500.000. Ini agak membingungkan namun perhitungan secara akuntansi tetap benar

Hasil Akhir Customer Refund

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s