OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Bank Statement

Bank statement adalah :

An account statement or a bank statement is a summary of all financial transactions occurring over a given period of time on a deposit account, a credit card, or any other type of account offered by a financial institution.

A. Langkah-langkah Implementasi Dengan OpenERP

Langkah-langkah implementasi Bank Statement pada OpenERP adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan akun untuk tiap rekening bank perusahaan
  2. Menyiapkan jurnal untuk tiap rekening perusahaan
  3. Mendapatkan bank statement
  4. Mencatat bank statement pada OpenERP
  5. Rekonsiliasi statement dengan payment (Optional)
  6. Konfirmasi statement

A.1 Menyiapkan akun untuk tiap rekening bank perusahaan

Tiap rekening bank sedianya harus dibuatkan akun nya masing-masing. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan akun untuk rekening bank adalah :

  1. Internal type diisi dengan Liquidity
  2. Secondary currency diisi dengan mata uang rekening JIKA mata uang rekening terkait tidak sama dengan base currency perusahaan

Contoh pembuatan akun untuk rekening BCA Rupiah :

Akun BCA Rupiah

Contoh pembuatan akun untuk rekening BCA USD :

Akun BCA USD

A.2 Menyiapkan jurnal untuk tiap rekening perusahaan

Setelah akun dibuat maka jurnal untuk penerimaan/pengeluaran untuk masing-masing rekening harus dibuat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan jurnal adalah :

  1. Type diisi dengan Bank and Cheques
  2. Default Debit Account dan Default Credit Account diisi dengan akun yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya
  3. Currency diisi dengan mata uang rekening JIKA mata uang rekening berbeda dengan base currency perusahaan

Contoh pembuatan jurnal untuk rekening BCA Rupiah :

Jurnal Untuk Rekening BCA Rupiah

Contoh pembuatan jurnal untuk rekening BCA USD :

Jurnal Untuk Rekening BCA USD

A.3 Mendapatkan bank statement

Bank statement dapat didapatkan dengan berbagai macam cara, antara lain (1) mencetak buku tabungan, (2) mendapatkan rekening koran, (3) mendapatkan file bank statement dari bank terkait, atau (4) koneksi langsung dari sistem bank terkait.

A.4 Mencatat bank statement pada OpenERP

Pencatatan Bank Statement pada OpenERP bisa dilakukan melalui menu Accounting -> Bank and Cash -> Bank Statement. Pencatatan Bank Statement dibagi menjadi 2, yaitu : (1) Header, dan (2) Statement Line/Transaksi.

A.4.1 Pencatatan Di Bagian Header

A.4.1.1 Name

Nomor urut bank statement. Akan diisi otomatis berdasarkan sequence

A.4.1.2 Date dan Period

Tanggal statement. Period akan otomatis mengikuti field date namun masih dapat diubah. Untuk penerapan di indonesia, pastikan date dan period sesuai

A.4.1.3 Journal

Journal milik rekening yang bersangkutan

A.4.1.4 Starting Balance

Saldo awal tanggal yang bersangkutan. OpenERP otomatis akan menghitung jumlah Starting Balance sesuai dengan transaksi sebelumnya.

A.4.1.5 Ending Balance

Saldo akhir tanggal yang bersangkutan. Ending Balance harus diisi manual sesuai dengan data Bank Statement yang diperoleh. Ending Balance nantinya akan dicocokan dengan Computed Balance yang dihitung otomatis oleh OpenERP. Jumlah Ending Balance dan Starting Balance harus sama.

A.4.2 Pencatatan Di Bagian Statement Line/Transaksi

A.4.2.1 Date

Tanggal transaksi. Harus sama dengan dengan Date pada header.

A.4.2.2 Communication

Keterangan transaksi. Diisi bebas.

A.4.2.3 Partner

Isikan dengan nama Customer jika merupakan receiveable atau nama Supplier jika merupakan payable.

A.4.2.4 Type

Isikan dengan Supplier jika transaksi merupakan pembayaran payable ke supplier. Isikan dengan Customer jika transaksi merupakan penerimaan receivable dari konsumen. Isikan dengan General jika bukan termasuk ke payable/receivable.

A.4.2.5 Account

Akun dimana transaksi akan dicatatkan

A.4.2.6 Amount

Jumlah transaksi. Gunakan tanda negatif (-) jika transaksi MENGURANGI rekening yang bersangkutan

A.5 Rekonsiliasi statement dengan payment (Optional)

Jika modul account_voucher terinstall jangan lupa untuk memasangkan/merekonsiliasi statement-statement untuk akun receiveable/payable dengan payment terkait.

Tutorialnya bisa dilihat di artikel ini.

A.6 Konfirmasi statement

Jika bank statement sudah dicek maka konfirmasi bank statement sehingga OpenERP akan otomatis membuat journal voucher (account.move) untuk bank statement terkait

B. Bentuk Journal Voucher

Journal voucher yang dihasilkan oleh Bank Statement akan berbentuk :

  1. Tiap statement line akan dibuatkan satu journal voucher
  2. Tiap statement line akan dibuatkan dua buah Journal Voucher Line. Statement dengan amount > 0 akan didebet dan statement dengan amount < 0 akan dikredit
  3. Statement dengan mata uang yang berbeda dengan base currency perusahaan akan langsung dikonversi berdasarkan rate yang telah diinput di menu currency
  4. Statement line yang telah direkonsiliasi dengan payment tidak akan dibuatkan journal voucher baru

2 thoughts on “OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Bank Statement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s