OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Invoice dan Pembayaran Via Bank

A. STUDI KASUS

PT. A membeli jasa konsultasi sejumlah Rp. 13.500.000 pada tanggal 20/08/2012. Pada tanggal 21/08/2012 PT. A membayar tagihan tersebut lunas. Pajak penjualan sejumlah 15%

B. SOLUSI MENGGUNAKAN OPENERP

B.1 TANGGAL 20/08/2012

B.1.1 Pembuatan Customer Invoice

Invoice Konsumen

B.2 TANGGAL 21/08/2012

B.2.1 PT. A Membayar Tagihan

PT. A membayar lunas tagihan lunas sejumlah Rp. 13.500.00 melalui transfer bank. Setelah membayar PT. A mengkonfirmasi pembayaran ke bagian keuangan. Maka bagian keuangan mencatat pembayaran dengan menggunakan Accounting -> Customers -> Customer Payment

Customer Payment

B.2.2 Tutup buku tanggal 21/08/2012

Bagian keuangan mencetak transaksi bank selama 1 hari kemudian menginput bank statement melalui Accounting -> Bank and Cash -> Bank Statement

Draft Bank Statement

B.2.3 Cek Ke Bagian Pembayaran

Karena tercatat ada transfer masuk dari konsumen maka bagian keuangan mengkonfirmasi ke bagian pembayaran mengenai transaksi pembayaran tanggal tsb. Setelah mendapatkan informasi dari bagian pembayaran, maka bagian keuangan memasukan informasi payment pada baris bank statement yang berkaitan

B.2.4 Tutup Buku

Setelah pengecekan ulang maka bagian keuangan mengkonfirmasi Bank Statement

Draft Bank Statement Yang Sudah Dicek Dengan Data Pembayaran dan Sudah Divalidasi

Customer Invoice Sudah Dibayar

One thought on “OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Invoice dan Pembayaran Via Bank

  1. Pingback: OpenERP 6.1 Functional Tutorial : Bank Statement « Andhitia Rama's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s