Tutorial Fungsional OpenERP 6.1 : Harga Termasuk Pajak Pada Invoice

Sepengalaman Penulis, dalam melakukan pembelian supplier biasanya menyajikan harga jual yang sudah termasuk PPN. Oleh karena itulah OpenERP harusnya bisa menangani dengan tepat perhitungan pajak apabila yang diinput oleh user adalah harga setelah pajak. Terdorong oleh hal tersebut, Penulis melakukan review terhadap kemampuan OpenERP menangani hal tersebut.

Review pertama Penulis lakukan pada Invoice langsung tanpa melalui Sale Order atau Purchase Order. Langkah-langkah yang Penulis lakukan adalah sebagai berikut :
.

#1 Konfigurasi Pajak Pembelian

Pengaturan yang terpenting adalah membuat nilai Tax Include In Price menjadi True. Lihat screenshot di bawah untuk pengaturan yang Penulis gunakan.

#2 Membuat Supplier Invoice
#3 Membuat detail invoice yang harganya sudah termasuk pajak

Harga : 100.000 (Sudah termasuk pajak)
Kuantitas : 1.0
Pajak : Purchase Tax 15%

OpenERP 6.1 tidak menyertakan field subtotal pada form detail invoice, hanya unit price, qty, discount dan pajak sehingga perhitungan hanya bisa dilihat di invoicenya.

#4 Menghitung pajak dan total invoice

Perhitungan manual dengan bantuan aplikasi Calculator pada ubuntu adalah sebagai berikut :

Harga Sebelum Pajak = (100 / 115) * 100.000 = 86956.52173913
Pajaknya (15 %) = 0.15 * 86956.52173913 = 13043.478260869
Harga Setelah Pajak = 99999.999999999 (Ups … Huehehehe. *colek-colek pembuat aplikasi Calculator, -red)

Berikut perhitungan OpenERP yang sudah disertai proses rounding berdasarkan pengaturan currency yang dipakai (Perhatikan perhitungan yang dilingkari) :

Perhitungannya tepat saudara-saudara. Hehehehe. Walaupun ada hal kecil yang mungkin menggangu ketika implementasi (Penulis akan sangat yakin ini akan dikomentari oleh user, -red), yaitu :

Subtotal merupakan hasil perhitungan Harga Sebelum Pajak x Kuantitas. Hal ini akan menjadi agak membingungkan dilihat ketika harga yang diinput adalah harga setelah pajak. Belum lagi nanti untuk kepentingan report. Sudah terbayang tambahan field yang akan diminta. Huehehehehe.

It’s functional. Cuma untuk para developer di luar sana pikirkanlah bagaimana cara mengkompromikan kekurangan tadi dengan user😀 Good luck

18 thoughts on “Tutorial Fungsional OpenERP 6.1 : Harga Termasuk Pajak Pada Invoice

  1. Pingback: Tutorial Fungsional OpenERP 5.0.16 : Harga Termasuk Pajak Pada Invoice « Andhitia Rama's Blog

  2. maaf mas andhitiarama, saya elis, saya mau minta ijin untuk mengcopy tulisan mas untuk referensi sya buat menulis Tugas Akhir, bolehkah mas?
    terimakasih.

  3. terimakasih banyak ya mas, saya kuliah di Gunadarma mas, sya disuruh menganalisis menggunakan OpenERP oleh pembimbing sya, krn OpenERP blm ada bukunya di Indonesia jd sya cma bisa dpt referensi dr blog-blog org sama searching2 di google aja.
    sekali lg trimakasih banyak ya mas.

  4. maaf mas saya mau nanya lagi nih, bagaimana pengaruh transaksi menggunkan openERP terhadap perpajakan Indonesia dan bagaimana pengaruhnya terhadap multinasional Indonesia? Terimakasih sebelumnya🙂

    • Perpajakan yang pasal berapa? Kalau secara umum pajak di OpenERP (account.tax) cukup fleksibel untuk mengakomodasi kebutuhan perpajakan. Namun kustomisasi tetap dibutuhkan untuk dapat diadaptasi di Indonesia.

      Multinasional Indonesia maksudnya apa yah? Saya kurang paham

  5. perusahaan di Indonesia yang berusaha di banyak negara atau punya cabang di banyak di negara, bagaimana mas pengaruhnya?

    • Selama developer memahami perhitungan pajak di negara tsb, perhitungan nya dapat dilakukan dengan object account.tax. Object account.tax mendukung perhitungan dengan script python jadi cukup fleksibel untuk mengadopsi berbagai bacam peraturan pajak.

      Namun, untuk beberapa kasus modul tambahan perlu dibuat guna memberikan nilai untuk perhitungan si account.tax.

      Contoh pada pph21 :
      Kategori PTKP seorang karyawan di indonesia akan menentukan besaran penghasilan tidak kena pajak yang akan diterima. Namun field yang menggolongkan karyawan ke kategori ptkp tertentu tidak ada di modul-modul hour milik OE. Oleh karena itu perlu dibuat modul yg menambahkan field tsb ke object hr.employee sehingga account.tax bisa memanfaatkan nilai dari fields tsb

    • Konfigurasi sistem ada di file konfigurasinya. Kalau sudah diinstal defaultnya ada di /etc/openerp-server.conf. Maaf agak lama balasnya.

      Budi Iskandar adsoft?

  6. maaf mas saya br bls jg.
    iya, mas budi dari adsoft, mas kenal?
    mas, kl saya butuh bantuan dari mas boleh ga saya hubungin mas?saya dpt nmr mas dr email.
    maaf mas kl saya ngerepotin.

  7. ooh gt.
    alhamdulilah, maksih banyak ya mas.
    oh iya mas, sebetulnya di OpenERP itu sendiri ada modul khusus untuk menhitung pajak atau ga si mas? soalnya saya liat di tulisan mas ko katanya blm ada modul untuk menghitung pajak, kl blm berarti yang ada di tulisan mas itu emang mas yg buat sendiri ya?

    • Untuk menghitung pajak sudah ada di modul account (objectnya account.tax). Beberapa pajak sudah bisa dihitung (PPN, PPNBM) tapi untuk PPH (pasal 21) memerlukan kustomisasi lebih lanjut

  8. mas, saya disuruh membuat modul tambahan sama dosen saya, modul yang tidak ada pada crm yang bisa menhubungkan perusahaan ultinasional, mas bisa bantu saya ga, tolong bantu kasih saya saran harus buat apa, jujur mas saya ga ngerti hrus buat apa dan gimana cara buatnya. tolong bantuannya ya mas, terima kasih banyak, maaf ya mas kl saya banyak tanya.

    • Pengembangan modul selalu bermula dari adanya kebutuhan. Kalau ditanya buat apa jawaban saya itu akan tergantung dengan kondisi eksisting perusahaan yang akan diimplementasi OpenERP dan kondisi yang ingin dicapai. IMHO, Itu yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu.

  9. Pak, saya mau tanya.. Saya lagi dapet tugas untuk mempelajari OpenERP tapi saya ga ngerti python, nah study case nya “Fungsionalitas OpenERP sebagai alternative opensource system terhadap kebutuhan ERP pada Manufacture”
    Nah pertanyaan saya,
    1. Manufacture biasanya sejauh mana menggunakan OpenERP untuk kebutuhannya ?
    2. Sejauh mana kustomisasi yang dapat di lakukan untuk mendukung kebutuhan di manufacture ?
    3. Sejauh mana yang diperlukan oleh seorang IT Head Manufacture dalam memahami OpenERP apa di perlukan faham pemrograman python ?
    3. Kalo bapak punya contoh2 flow business atau apapun yg bisa di share berkaitan dengan tugas saya tersebut, mohon pak di email ke saya wisnuhidayat@gmail.com

    Atas segala bantuan dan kontribusi dari bapak dan blog ini untuk dapat terselesaikannya tugas saya, saya mengucapkan banyak terima kasih dan semoga bermanfaat bagi banyak orang khususnya yang sedang menuntut ilmu. Amiin.

Leave a Reply

