OpenERP 5.0.16 & 6.1 Technical Tutorial : 6.1 Berdampingan Dengan 5.0.16 dan 6.0.4

Akhirnya 5.0.16, 6.0.4 dan 6.1 bisa duduk dengan manis di laptop Penulis. Walaupun agak tidak rela meninggalkan 5.0.16 dan modul-modul yang sudah Penulis develop, sepertinya sudah saatnya berkenalan dengan teknologi Ver 6.1. Apalagi ver 7 sudah dalam penggodokan *sigh

Penulis bukan alergi terhadap perkembangan OpenERP sehingga belum mau beranjak dari 5.0.16, hanya saja apa yang penulis sangat harapkan dari OpenERP belum juga diadopsi di 6.1, selain tampilannya yang makin ciamik. Selain itu konversi koleksi modul dari ver 5 ke 6.1 nampaknya akan menjadi sangat-sangat pe-er.

6.1 nampaknya tidak lagi menggunakan cherrypy untuk web-clintnya, pustaka werkzeug didaulat menjadi tulang punggung web-client terbaru OpenERP. Selain itu pada waktu menjalankan kali pertama, Penulis tidak menemukan perbedaan dependensi lainnya. Jadi penulis sebelum menjalankan OpenERP server harus menambahkan pustaka werkzeug terlebih dahulu.

sudo easy_install Werkzeug

Selain itu port default untuk web-client dipindahkan ke 8069, bukan lagi 8080.

http://localhost:8069

Namun entah kenapa dokumentasi 6.1 di web OpenERP belum ada yah? Di bagian instalasinya pun masih sama dengan 6.0.x, sehingga tadi Penulis sempat mengalami kendala. Mudah-mudahan hal ini akan segera diperbaiki oleh OpenERP.

Baiklah, sampai disini dulu. Nantikan artikel 6.1 selanjutkan *sigh

2 thoughts on “OpenERP 5.0.16 & 6.1 Technical Tutorial : 6.1 Berdampingan Dengan 5.0.16 dan 6.0.4

    • Iya sih Ru, cuma artinya harus belajar lagi. Belum konversi modul dari 5.0.16 ke 6.1. Huehehehe. Mending jadi juragan kontrakan juga daripada jadi programmer.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s