Implementation Log : Pembatalan Sebuah Proses/Workflow

Berdasarkan pengalaman implementasi, penulis menemukan bahwa ketika menyangkut workflow. Klien mayoritas meminta :

  1. Pembatalan bisa dilakukan disemua tahapan. Baik itu pada flow masih yang active ataupun sudah complete.
  2. Setiap pembatalan selalu disertai dengan data : (1) User yang melakukan pembatalan, (2) Waktu pembatalan, dan (3) Alasan pembatalan

They’ve got point there. Apalagi ketika tahap-tahap awal implementasi dimana user-user belum familiar terhadap sistem yang baru. Kesalahan kerap terjadi di semua tahapan proses dan itu pasti butuh pembatalan. Jika tidak disediakan bersiap-siaplah wahai para implementor untuk berakrap-akrab dengan pgadmin. Jika proses pembatalan tidak diberikan maka satu-satunya cara untuk mengkoreksi adalah langsung melalui database.

But it’s not that simple. Coding proses pembatalan itu lebih susah dari coding alur utamanya. Terlebih jika pembatalan harus memperhitungkan status dari resource lain. Misalanya untuk membatalkan sale order, maka picking dan account move nya juga harus dibatalkan. Dan membatalkan semua resource secara otomatis sangat amat tidaklah mudah. Perlu analisis dan ekstra testing.

Words of advice. Jangan membuat pembatalan resource yang berkaitan secara otomatis. Namun buatlah method yang melakukan pengecekan apakah resource yang berkaitan sudah dibatalkan terlebih dahulu atau belum. Jika belum, batalkan proses pembatalannya (nah lho -red). Jadi si user yang akan melakukan pembatalan harus menghubungi user-user yang mempunyai akses untuk membatalkan resource yang terkait.

Contoh : Jika seorang sales ingin membatalkan sale order padahal account move sudah divalidasi, maka ia harus mengubungi bagian accounting untuk membatalkan account.move yang berkaitan dengan sale order tsb.

Dan buat user yang akan mengimplementasi OpenERP pastikan anda meminta hal ini di awal agar tidak menyulitkan di kemudian hari.

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s