Catatan Migrasi Linux : dilema bzr atau git

Setahun bermigrasi, bazaar telah terbukti cukup tangguh sebagai version controller. Cukup simpel yet powerfull. bzr-explorer sebagai interface juga telah terbukti handal dan fleksibel untuk digunakan. Satu-satu nya ganjalan yang saya temui ketika menggunakan bzr adalah tidak adanya private repository di internet. Private repo di launchpad tidak cukup mengakomodasi kebutuhan. bzr.bzr cukup diminati sebagai satu-satunya (IMHO) private repo di luar sana, akibatnya inquiry saya belum direspon sampai sekarang😀

Akhirnya solusi yang satu tahun ini saya gunakan adalah dengan membangun repo sendiri dengan menggunakan cpu seadanya + vpn sehingga bisa diakses dari luar jaringan. Itu juga kurang memuaskan karena cpu yang digunakan riskan untuk menyala 24/7. Koneksinya juga sangat tergantung oleh banyak hal. Tahun ini nampaknya haruys dicoba memindahkan repo ke git, mercurial, atau svn.

Pilihan pertama saya jatuh pada git, karena melihat banyaknya dokumentasi yang beredar (again … IMHO). Urusan selanjutnya adalah mencari private repo dengan fasilitas yang cukup dan harga yang terjangkau😀. Git Hub sebagai rekomendasi banyak orang saya singkirkan sebagai pilihan. Private repo git hub belum terjangkau oleh anggaran. Setelah diajak jalan-jalan oleh mbah Google akhirnya saya menemukan http://www.repositoryhosting.com. Wow … menarik. Dengan 6 dolar sebulan, fasilitas yang diberikan adalah (1) unlimited repo, (2) pilihan version controller git, mercurial atau svn, (3) unlimited trac per repo, (4) 2 GB storage, (5) WebDav sebagai sharing file, (6) unlimited user, (7) pilihan untuk menambah kapasitas, dan (8) free trial 1 month.

Let’s try ….

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s