OpenERP dan Jasper Report – Instalasi

Integrasi Jasper Report dan OpenERP merupakan solusi pembuatan report dalam OpenERP selain RML. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mempersiapkan penggunaan jasper report di OpenERP.

#1 Install paket openjdk-6-jre

#2 Download iReport. iReport adalah report designer untuk jasper report. iReport untuk linux dapat didownload disini.

#3 Extract iReport.

Catatan :
iReport dapat dijalankan dengan menjalankan file ireport pada forder bin.

#4 Download jasper report-opemERP connector. Connector ini berupa modul OpenERP. Jasper Report – OpenERP dapat didownload disini.

#5 Extract jasper_report.zip

#6 Copy folder hasil extract ke dalam folder addons OpenERP

#7 Untuk menggunakan connector tersebut install modul tersebut. Untuk database yang sudah dibuat, diperlukan “Update Module List” terlebih dahulu.

#8 Jasper Report dapat diakses melalui menu “Administration / Customization / Jasper Report”

14 thoughts on “OpenERP dan Jasper Report – Instalasi

  1. gan, integrasi antara template report yang sudah dibuat dari iReport ke OpenERP kalau pake Metode SQL Query yang menggunakan “parameter” gimana caranya? misal querynya : “”SELECT * FROM purchase_order WHERE purchase_order.id = $P{order_id}””
    Dan untuk langkah upload file .jrxml sudah saya lakukan ke module jasperreport yang ada di Administration. Hasil PDF sudah bisa keluar, tapi tidak muncul / tampil report yang saya harapkan.
    Mohon bantuannya gan. Thanks🙂

  2. ooo bgitu ya,, syg sekali sy blm ada partner utk share ttg jasperreport & ireport…,
    thanks respon’nya🙂
    #salamkenal, gw sohib army yg wktu itu mau ketemuan diSev7

    • Saya semenjak ver 6.1 tidak menggunakan jasper, tapi menggunakan webkit. Jadi belum otak-atik jasper untuk ver. 7. Tapi seperti nya sudah bisa. Coba langsung dilihat di web milik developernya

  3. Asalamualaikum, komandan prompak…
    saya mau tanya nih, kenapa pas menjalankan ireport.exe pada folder bin tidak bisa ya? muncul pesan error “cannot fine java.exe” padahal sudah saya install library java nya.
    mohon pencerahannya komandan perompak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s