Pencatatan Akuntansi Pada Periodical Inventory

Pencatatan awal persediaan dalam OpenERP dilakukan melalui “Stock Management -> Periodical Inventory”. Ketika periodical inventory sudah dikonfirmasi maka stok pada lokasi yang ditentukan akan bertambah. Namun secara default tidak ada pencatatan akuntasi yang mengiringi perubahan stok tersebut. Seharusnya akun persediaan bertambah sesuai dengan nilai stok yang dimasukan dalam periodical inventory. Agar periodical inventory menimbulkan mencatatan akuntansi, lakukan langkah-langkah berikut :

#1 Isi “Stock Output Account” pada produk dengan akun persediaan

#2 Isi “Cost Price” pada produk

#3 Isi “Stock Account” pada lokasi “Inventory Loss” dengan akun opening balance

#4 Lakukan Periodical Inventory kemudian konfirmasi Periodical Inventory tersebut

Setelah periodical inventory dikonfirmasi maka akan terjadi pencatatan akuntansi seperti di bawah ini:

Akun Persediaan (Dr)      xxxxxx
Akun Opening Balance (Cr)      xxxxxxx

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s